Teacher's Job Description

Monday, July 2, 2012
Hai, guys!
First day of second week lewat sudah..
Hari ini aku rada ngantuk walaupun begitu tetep dengerin kok, aku udah siap permen soale hehehe..
Well, hari ini aku dapet sesuatu yang penting yang tentunya sehubungan dengan profesiku-guru.. 

Di sesi pertama aku belajar, diingetin lagi gimana cara utk buat indikator. Sekarang kan kurikulumnya KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Sebelumnya kan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) tapi persamaan keduanya adalah ya berbasis kompetensi. Perbedaannya hanya terletak pada INDIKATOR. iya, kalo KBK, Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator udah ditentuin sama pemerintah. Nah, kalo KTSP hanya ada SK dan KD sementara indikator dibuat sendiri oleh guru. Kenapa? Karena indikator disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa di kelas itu. Hmm, tadinya aku pikir ribet banget sih kalo udah ditentuin semua dari pemerintah bukannya lebih gampang ya? Ternyata aku salah karena akan sangat baik jika indikator dibuat sendiri oleh si guru supaya tujuan pelajaran (indikator) benar2 "mendarat" bagi siswa. Iya juga, ya? Kan pembelajaran ditujukan utk siswa, kalo siswa ga dapet apa2 ya ngapain..? Bener2! :D
Dan di situlah aku MAKIN menyadari kalo tugas guru memanglah tidak mudah. Klo kata Ms Sanny itu: Utk jadi guru aja udah susah, ditambah lagi jadi guru yg EFEKTIF lebih sulit, satu lagi itu ya jadi GURU KRISTEN ya tentu makin sulit lagi.. 
Bener banget itu, utk merancang lesson plan yang akan digunakan utk paling tidak 2x45 menit (1 kali pertemuan) perlu pemikiran yang benar2 matang utk hal2 yang akan siswa pelajari. Jangan sampai guru hanya menghabiskan waktu dan sebatas yo wes, materi beres atau siswa gw sibuk kok! NO, NO, NO..
Mampukan aku, TUHAN utk dapat menjadi guru yang benar2 sesuai dengan tugasnya.. amiinn.. :)

Di sesi kedua, lebih seru lagi. Walaupun pembicara terlambat namun apa yang dibagikan begitu membekali aku! Beliau adalah kepala FK-UPH dan ahli bedah otak.. Wuuiiihh.. Cita-cita aku tuh mau jadi dokter.. tapi aku ya penakut.. takut liat darah, takut liat mayat.. ya pie coba? hahaha.. 
Judul bahan yang mau dibagikan adalah Role of the Brain in Christian Education. Aku pengen share juga poin2 penting yang aku dapet tadi :)

  • Manusia memiliki 100 milyar neuron dalam otak
  • Tujuan dari Christian education adalah educate students to be like CHRIST, mirip dengan Kristus.
  • Jesus is the BEST teacher: He is smart, commited, tough, positive thinker, love everybody
  • Theo Neurology---> perlu otak to understand TUHAN
  • Otak adalah karunia Allah yang tertinggi
  • Keberadaban manusia ditentukan oleh OTAK = NEO-CORTEX
  • Tugas guru---> mengEKSPLOR NEO-CORTEX SISWA
  • Jangan larang anak menulis dengan menggunakan tangan kiri karena otaknya ya memang begitu. Jika menulis dgn tangan kiri maka yang lebiih dominan adalah otak kanan, begitupun sebaliknya.
  • The brain govern the whole body
  • Guru mesti bisa memberi sesuatu yang bisa nempel di otak siswa. Sesuatu yang impressive sehingga hal tersebut dapat melekat di long term store.
  • Active learning.. It has been said that on average we remember 90% of what we SEE, HEAR, SAY and DO.
  • Otak hanya perlu OKSIGEN dan GLUKOSA.. NO VITAMIN!!
  • Sampai saat ini, manusia tidak bisa meregenerasi sel neuron otak.
  • Makin byk belajar, makin byk input, makin byk sinapnya maka makin pintar
  • Guru dapat memberi motivasi utk menambah sinap para siswa
  • Multivitamin TIDAK BISA menambah sinap!!!
  • Guru tidak teaching (menggurui) tetapi educate (mendidik)
  • Tidak ada batas perkembangan sinap, that's why we have to keep learn!! :)
  • Teruslah LATIH OTAKmu..
Kira2 itu beberapa poin yang aku dapet dari apa yang aku dgr tadi.. Semoga bisa memberkati juga :)

Tugas guru, BERAT yah :(
Hmm, aku sanggup ga ya? Oh ya, aku ditempatkan di Sekolah Lentera Harapan Toraja. Nanti aku akan mengajar IPS Terpadu utk kelas 8 dan Ekonomi utk kelas 10.. Wah, masih belom sadar nih kalo bener2 jadi guru dan punya anak sendiri. Kemaren2 pas praktek soalnya kan "minjem" anak orang hehe..
Tolong beri aku kekuatan, hikmat dan kemampuan, TUHAN.. Aku sadar betul kalo aku masih sangat jauh dari sempurna. Tapi aku ingin beri yang terbaik bagi anak-anak di sana. Terlebih lagi aku mau beritakan tentang Engkau.. Tolong aku, TUHAN.. Amin :)

0 comments:

Post a Comment